DONASI

INFO BUAT TEMAN-TEMAN RELAWAN DONOR DARAH DI DKI JAKARTA, SHARING DARI DIREKTUR UTDD PMI DKI JAKARTA DAN SEORANG RELAWAN DONOR DARAH MENGENAI KONDISI STOK DARAH YANG KURANG AKIBAT BANJIR :

1. Dari Direktur Utdd Pmi Dki Jakarta, Ibu dr. Hj. Salimar Salim:
Benar pak Rudy,kita sdh sampaikan ke RS karena banjir maka stok darah di UDD PMI DKI minim sekali spt apa yg sdh pernah saya himbau di FB shg dgn terpaksa harus memakai donor langsung dari keluarga yg sama golongan darahnya dgn pasien. Selama ini kita mendapatkan darah dari Mobil Unit yg beroperasi setiap harinya termasuk Sabtu dan Minggu sebanyak 15 Mobil Unit ke Instansi2,masyarakat umum,komunitas2 agama dll yg bisa didapatkan kurang lebih 800 sd 1000 kantong perhari dan dari PMI Kramat 47 sendiri kita bs dapatkan donor 200-300 kantong perhari.Jumlah ini sdh bisa memenuhi kebutuhan RS di Jakarta bahkan Bodetabek dan luar Jawa kalau stok masih ada. Dampak banjir kemarin menyebabkan banyak masyarakat yg membatalkan Mobil Unit yg mrpkn pasokan terbesar dari darah yg kita dapatkan dan kalau hanya mengandalkan donor yg datang ke Kramat saja tdklah cukup. Karena itulah dgn terpaksa kita minta ke RS utk membawa donor langsung dari keluarga yg kadang2 tdk semua bisa kita ambil karena terbentur dgn persyaratan seorang donor.Kami minta maaf dgn kondisi spt ini,mudah2an Minggu depan dgn telah beroperasi penuhnya MU maka stok darah bisa kita penuhi. Terima kasih.

2. Dari Sdr. Anyabrea Valentine
Baru pulang dari memenuhi panggilan dari PMI Kramat (Jkt) untuk donor darah apherensis. Ini donor apherensis saya yg ke-3.

Saat tiba di PMI Kramat, ternyata banyak yg membutuhkan kantung darah dgn membawa donor pengganti krn minimnya stok darah di kantor PMI yang mana hal ini disebabkan krn banjir yg melanda Jkt sehingga mobil2 unit donor darah tdk bisa beroperasi.

Jadi setiap pendonor yg datang untuk mendonorkan darah di kantor PMI Kramat selalu ditanya oleh anggota keluarga yang sedang membutuhkan darah, "golongan darahnya apa?" atau "sudah ada yang memesan atau belum darah yang akan didonorkan?". Hal ini karena banyaknya donor pengganti yang tidak memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya (Hb rendah, tekanan darah tidak memenuhi syarat).

Dari pembicaraan saya dgn petugas PMI terntara pendonor yg mendonorkan darah di kantor PMI Kramat paling banyak hanya didapat 200 pendonor per hari, sedangkan melalui 10 mobil unit yg dimiliki, bisa didapat sekitar 1200 pendonor/hari.

HIMBAUAN:
kepada Relawan Donor darah yg sdh waktunya mendonorkan darahnya (Sdh 2,5 bulan terakhir DDS) dipersilakan segera datang ke tempat donor darah , untuk mengisi stok darah di utdd Pmi Dki Jakarta ,karena masih banyak pasien yg membutuhkan Transfusi Darah, baik di RS Pemerintah/Swasta
Sumbangkan sekantong darah (350 CC), karena 1-3 orang akan diselamatkan nyawanya, mrk butuh uluran tangan dari anda, jangan biarkan meregang nyawa. Terima Kasih, Selamat Pagi, Salam Kemanusiaan.

Informasi Stok Darah di Utdd Pmi Dki Jakarta, setiap harinya dapat di update di Web Pmi Dki Jakarta: http://pmi-jakarta.org/ dan untuk Info Kegiatan Donor Darah setiap harinya, mulai hari sABTU, Tanggal 19 Januari 2013 sd Minggu, Tanggal 27 Januari 2013 dapat dilihat di : http://pmi-jakarta.org/jadualdonor…/jadualmobilunitdarah.pdf